Kartu Pra Kerja Dinilai Tidak Efektif untuk Mengurangi Pengangguran

Kartu Pra Kerja Dinilai Tidak Efektif untuk Mengurangi Pengangguran

Ketika awal kemunculan Kartu Pra Kerja, tidak sedikit masyarakat Indonesia tidak setuju dengan rencana akan adanya program ini. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena Kartu Pra Kerja dipandang tidak efektif untuk mengurangi pengangguran dan hanya akan berdampak pada kerugian yang dialami negara. Karena salah satu program terbaru ini membutuhkan dana yang terhitung tidak sedikit.

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa hanya terdapat satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan pengangguran, yaitu dengan cara membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Akan tetapi, apabila ditelusuri lebih mendalam, lowongan pekerjaan di Indonesia pun terbilang banyak. Karena lowongan pekerjaan di Indonesia tidak hanya disediakan pada kota-kota besar saja atau terpusat di satu wilayah, melainkan telah menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, sebenarnya mencari informasi terkait dengan lowongan pekerjaan terbaru akan lebih mudah dilakukan saat ini dibandingkan dengan beberapa waktu lalu. Hal ini juga dipengaruhi dengan perkembangan teknologi serta internet yang berkembang secara pesat.

Akan tetapi walaupun terbilang banyak, tetap saja tingkah pengangguran di Indonesia semakin hari semakin tinggi. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena perkembangan zaman membuat semua aspek menjadi lebih berkembang, tidak terkecuali pada tahapan rekrutmen pekerjaan.

Saat ini bisa dikatakan bahwa proses mencari pekerjaan lebih panjang dan lebih sulit dibandingkan dengan beberapa waktu silam. Tahapan tes yang terbilang banyak disertai dengan kelengkapan dokumen yang dirasa memberatkan.

Akan tetapi berbeda dengan proses pendaftaran kerja saat ini yang terbilang lebih mudah dibandingkan dengan beberapa waktu lalu. Mengapa? Karena proses pendaftaran kerja saat ini dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu untuk menghabiskan banyak waktu luangmu untuk datang langsung ke perusahaan untuk menaruh surat lamaran. Selain itu, pendaftaran kerja secara online juga membuat kamu tidak harus untuk mengeluarkan banyak biaya transportasi. Karena apabila kamu melamar kerja secara langsung, tentunya kamu membutuhkan uang untuk keperluan transportasi.

Namun, hal ini juga tidak secara signifikan mengurangi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Karena hingga saat ini pengangguran tetap menjadi salah satu permasalahan di Indonesia yang hingga saat ini belum dapat terselesaikan dengan baik.

Pada dasarnya pengangguran memang menjadi masalah besar bagi sebuah negara. Tentunya untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pada dasarnya Kartu Pra Kerja memiliki tujuan yang baik, namun sebelum memutuskan untuk membuat sebuah program tentunya akan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar program tersebut dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan.

Pada dasarnya, selain untuk mengurangi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, terdapat tujuan lain dari dibuatnya Kartu Pra Kerja, yaitu agar dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan yang dimiliki masyarakat Indonesia.

Karena tidak sedikit kita temui masyarakat Indonesia yang sudah lulus kuliah namun sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini menyebabkan mereka harus menganggur dalam kurun waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, bagi kamu yang berhak memiliki Program Pra Kerja nantinya akan diwajibkan untuk mengikuti training dalam kurun waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Lokasinya pun berbeda-beda, dimulai dari lembaga pemerintah, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga perusahaan swasta. Setelah selesai melaksanakan training, tentunya akan membantu kamu untuk mendapatkan passion atau bidang yang kamu inginkan. Oleh karena itu, pada dasarnya terdapat banyak manfaat yang akan diberikan oleh program Kartu Pra Kerja. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih terkait dengan Kartu Pra Kerja, kamu bisa membacanya melalui artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *